Search

Pusdik Lantas Harus Jadi Pusat Menempa Budaya Profesional Polri - detikNews

Jakarta - Kalemdiklat Polri Komjen Arief Sulistyanto memberikan pengarahan kepada para instruktur dan siswa di Pusat Pendidikan Lalu Lintas (Pusdik Lantas). Komjen Arief mengingatkan Pusdik Lantas harus menjadi pusat pembangunan budaya profesionalitas Polri.

"Hari ini saya ceramah kepada para instruktur/guru/pelatih pusdik lantas dan para siswa peserta pendidikan kejuruan (200 orang anggota lantas dari seluruh Indonesia). Saya sampaikan bahwa Pusdik adalah pusat pembangunan budaya profesionalitas Polri. Harus bisa melahirkan, merubah dan membentuk personel Polri yang berintegritas, berpengetahuan dan terampil dalam tugasnya," kata Komjen Arief dalam keterangan tertulis, Senin (4/2/2019).

Komjen Arief mengatakan dalam setiap proses pendidikan dan pelatihan harus dilakukan penghayatan nilai-nilai moralitas untuk merubah prilaku menjadi lebih baik. Menurutnya, pusat pendidikan telah gagal menjalankan misinya jika tak bisa melahirkan personel polisi yang mahir dan terampil.

"Akan percuma dilakukan modernisasi peralatan kalau sumber daya manusianya tidak dimodernisasi cara berfikir dan prilakunya yang sesuai dengan tuntutan perubahan. Ujung-ujungnya masyarakat yang jadi korban," jelasnya.

Selain itu Komjen Arief juga mengingatkan akan pentingnya aspek leadership. Dia menegaskan para pemimpin harus bisa memberikan contoh yang baik kepada jajarannya.

"Aspek penting lainnya adalah leadeship dan kemampuan manajerial para pimpinan yang amanah dan bisa memberi tauladan kepada bawahan. Ini sangat menentukan, sebaik dan sepandai apapun anggota tetapi kalau pemimpinnya nggak beres maka kebaikan anggota itu akan terkooptasi oleh buruknya leadership pimpinannya," papar Komjen Arief.

Arief menuturkan Lemdiklat Polri bukan hanya lembaga yang mampu menyusun pola pendidikan pada pendidikan teknis semata. Tetapi juga pendidikan kepemimpinan bagi calon pemimpin Polri masa depan.

"Oleh karena itu saya gelorakan semangat kepada jajaran Lemdiklat bahwa Masa Depan Polri di Tangan Kita. Sehingga mereka akan tumbuh motivasi dan kebanggaan menjadi guru, instruktur dan pembina di Lemdik Polri. Inilah perubahan yang harus saya lakukan dalam menetapkan paradigma baru Lemdiklat Polri," tutur Komjen Arief.
(zak/idn)

Let's block ads! (Why?)

Baca di Sini https://news.detik.com/berita/d-4414375/pusdik-lantas-harus-jadi-pusat-menempa-budaya-profesional-polri

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pusdik Lantas Harus Jadi Pusat Menempa Budaya Profesional Polri - detikNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.