Search

Kemendag Polri Bersinergi Perkuat Iklim Usaha Kondusif - Medcom ID

Jakarta: Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Polri bersinergi dalam mendukung iklim usaha kondusif untuk peningkatan perekonomian Indonesia. Perlindungan perlu hadir terutama dalam kegiatan usaha perdagangan, konsumen dan metrologi legal.
 
"Kerja sama Kemendag dan Polri dalam pengawasan dan penegakan hukum di bidang perdagangan dan perlindungan konsumen berperan dalam menjaga iklim usaha di Indonesia tetap kondusif. Terlebih saat pandemi covid-19 yang berdampak pada berbagai sektor usaha dan perekonomian secara luas," ujar Menteri Perdagangan Agus Suparmanto melalui keterangan tertulisnya, Minggu, 30 Agustus 2020.
 
Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan sektor perdagangan, baik dalam dan luar negeri dalam bentuk peraturan perundang-undangan seperti Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen dan Undang-undang Nomor 7 Tahun 2014 Tentang Perdagangan. Dukungan penegak hukum sangat diperlukan agar cita-cita bangsa dapat tercapai.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kebijakan yang telah dikeluarkan tersebut harus mendapat dukungan dari instansi penegak hukumdalam hal pengawasan dan penegakan hukum. Hal ini untuk menjamin setiap kebijakan dapatdilaksanakan oleh seluruh pemangku kepentingan," ungkap Agus.
 
Menurut Agus, kerja sama antara Kemendag dan Polri telah sejak lama dilakukan terutamadalam hal pengawasan dan penegakan hukum terkait kegiatan perdagangan, perlindungan konsumen, dan metrologi legal. Implementasi diwujudkan dalam bentuk bantuan personel kepolisian dalam kegiatan pengawasan dan penegakan hukum, pertukaran data dan informasi, serta peningkatan kemampuan sumber daya manusia (SDM) petugas pengawas dan PPNS di Kemendag.
 
"Kemendag juga memberian bantuan berupa keterangan ahli kepada penyidik Polri terkait dengan proses penegakan hukum yang berkenaan dengan perdagangan," tuturnya.
 
Lebih lanjut, Mendag mengapresiasi kinerja Polri khususnya satuan tugas (Satgas) Pangan dalam menjaga stabilitas harga dan ketersediaan stok barang pokok, khususnya pada hari besar keagamaan nasional, seperti pada bulan puasa dan Idulfitri. Kehadiran Satgas Pangan merupakan bentuk sinergitas dalam pelaksanaan operasi pasar dan pengawasan kegiatan perdagangan.
 
"Ke depan, kerja sama antara Kementerian Perdagangan dengan Polri, TNI, dan aparat penegak hukum lainnya diharapkan dapat menjadi lebih erat lagi. Mengingat, sektor perdagangan merupakan sektor yang vital dalam ekonomi dan membawa pengaruh besar di bidang keamanan, ketertiban, dan sosial," tutup Mendag.
 
(AHL)

Let's block ads! (Why?)

Baca di Sini https://www.medcom.id/ekonomi/bisnis/Dkq7EEeN-kemendag-polri-bersinergi-perkuat-iklim-usaha-kondusif

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kemendag Polri Bersinergi Perkuat Iklim Usaha Kondusif - Medcom ID"

Post a Comment

Powered by Blogger.