Search

Buruh Berencana Aksi May Day, Polri: Tidak Akan Keluar Surat Izin - Kompas.com - KOMPAS.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Pihak Polri menegaskan, polisi tidak akan mengeluarkan izin untuk aksi demonstrasi yang rencananya digelar oleh serikat buruh pada 30 April mendatang.

Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) dan Majelis Pekerja Buruh Indonesia (MPBI) akan memperingati Hari Buruh Internasional atau May Day dengan melakukan aksi.

“Dengan tegas pihak kepolisian menyampaikan, tidak akan mengeluarkan surat izin aksi unjuk rasa atau demonstrasi itu,” kata Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divisi Humas Polri Kombes Asep Adi Saputra melalui siaran langsung di akun Instagram Divisi Humas Polri, Senin (20/4/2020).

Baca juga: Serikat Buruh Minta Pemerintah Tarik Draf RUU Cipta Kerja

Larangan itu didasari pada Maklumat Kapolri tersebut bernomor Mak/2/III/2020 tentang Kepatuhan terhadap Kebijakan Pemerintah dalam Penanganan Penyebaran Virus Corona (Covid-19) tertanggal 19 Maret 2020.

Maklumat tersebut melarang adanya kegiatan sosial kemasyarakatan yang melibatkan kerumunan massa, termasuk unjuk rasa.

Selain itu, kata Asep, aksi tersebut dilarang mengingat DKI Jakarta sedang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam rangka mencegah penyebaran virus corona.

“Hal ini dimaksudkan agar tetap adanya konsistensi untuk menjaga PSBB yang sedang dilaksakan di DKI Jakarta dan juga physical distancing,” ujar dia. 

Untuk saat ini, Asep mengatakan, Polda Metro Jaya akan memberi imbauan kepada serikat buruh agar tidak melakukan aksi.

Baca juga: Polda Metro Jaya Larang Aksi May Day yang Akan Digelar pada 30 April

Polda Metro Jaya juga telah menegaskan tidak akan mengeluarkan izin untuk aksi itu.

Menurut Asep, aparat kepolisian akan menunggu respon serikat buruh. Setelah itu, tak menutup kemungkinan adanya peningkatan untuk peringatan berikutnya.

Let's block ads! (Why?)

Baca di Sini https://nasional.kompas.com/read/2020/04/20/19351241/buruh-berencana-aksi-may-day-polri-tidak-akan-keluar-surat-izin

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Buruh Berencana Aksi May Day, Polri: Tidak Akan Keluar Surat Izin - Kompas.com - KOMPAS.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.