Search

Guru Digunduli, FSGI: Jangan Permalukan Seperti Kriminal Berat - Nasional Tempo.co

TEMPO.CO, Jakarta - Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) meminta polisi tidak berlebihan memperlakukan guru SMPN 1 Turi Sleman, Yogyakarta, yang menjadi tersangka kasus susur sungai. Wakil Sekretaris Jenderal FSGI, Satriawan Salim, menilai polisi tidak seharusnya menunjukkan tersangka secara berlebihan hingga digunduli dan digelandang.

"Sebab itu berpotensi akan menggiring opini masyarakat bahwa tersangka guru adalah pelaku kejahatan berat," katanya dalam keterangan tertulis, Rabu, 26 Februari 2020.

FSGI, kata dia, mendukung proses hukum yang dilakukan polisi asal adil, transparan, akuntabel, proporsional, dan mengedepankan asas praduga tak bersalah. Karena itu, tindakan menggunduli tersangka dianggap berlebihan.

"Seharusnya pihak kepolisian memberikan perlindungan dalam bentuk menghormati dan menghargai tampilan tersangka di depan publik dengan tidak mempermalukan tampilannya dalam bentuk digunduli seperti pelaku kriminal berat," ucap dia.

Satriawan berujar guru dan pengurus Kwartir Pramuka yang terlibat adalah terduga penyebab musibah terseretnya siswa SMPN 1 Turi saat kegiatan susur sungai. Meski peristiwa itu menewaskan sejumlah siswa, Satriawan meminta para guru tidak disamakan dengan pelaku kriminal lainnya. "Seperti pembunuh, pemakai narkoba, atau begal," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal FSGI, Heru Purnomo, menilai perlakuan polisi bisa berdampak terhadap psikologis anak-anak muridnya dan keluarga guru. "Tersangka guru tersebut wajib dapat perlindungan secara hukum oleh organisasi profesi guru tempat guru bernaung sebagai anggota/pengurus, sesuai UU Guru dan Dosen," ucap dia.

Let's block ads! (Why?)



"kriminal" - Google Berita
February 26, 2020 at 05:30PM
https://ift.tt/393lN1Y

Guru Digunduli, FSGI: Jangan Permalukan Seperti Kriminal Berat - Nasional Tempo.co
"kriminal" - Google Berita
https://ift.tt/2sXOAoV
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Guru Digunduli, FSGI: Jangan Permalukan Seperti Kriminal Berat - Nasional Tempo.co"

Post a Comment

Powered by Blogger.