Search

Amankan Natal dan Tahun Baru, Polri Gelar Operasi Lilin 22 ...

JAKARTA, KOMPAS.com - Polri akan menggelar Operasi Lilin pada 22 Desember 2018 hingga 2 Januari 2019, dalam rangka pengamanan libur Natal dan Tahun Baru 2019. Pengamanan dalam operasi ini, salah satunya adalah mengurai kemacetan lalu lintas. 

Kasubditwal dan PJR Ditgakkum Korlantas Polri Kombes Bambang Sentot Widodo menuturkan, pihaknya menurunkan personel sebanyak 72.000 orang.

"Menyiapkan khusus polisi lalu lintas ada 72.000 anggota di seluruh Indonesia, bukan hanya polisi lalu lintas, polisi fungsi lainnya juga. Yang utama operasi lilin dari tanggal 22 Desember sampai 2 Januari," ujarnya saat ditemui di Menara 165, Jakarta Selatan, Senin (26/11/2018).

Selain itu, pihaknya juga bertugas memastikan kelancaran lalu lintas. Menurut Bambang, salah satu titik yang menjadi fokus adalah tol Cikampek. 

Itu karena diperkirakan volume kendaraan yang melewati ruas tersebut akan meningkat di penghujung tahun.

Untuk mengatasinya, polisi akan menerapkan pengalihan arus lalu lintas jika diperlukan.

"Tentunya kita membuat manajemen pengalihan arus lalu lintas apabila terjadi penumpukan. Memberikan alternatif jalan untuk pengalihan," kata dia.

Baca juga: Polisi Pastikan Ancaman Keamanan Saat Perayaan Natal dan Tahun Baru 2019 Sudah Diantisipasi

Bambang menambahkan, mereka juga akan mendirikan pos-pos pengamanan di ruas tol fungsional dan tempat wisata lainnya.

"Ada beberapa titik di ruas jalan tol fungsional, kita berikan pos pengamanan. Tol fungsional itu tentunya fasilitas jalan masih terbatas. Tempat wisata juga kita menyiapkan pos-pos pengamanan," jelas dia.

Kompas TV Hujan deras yang mengguyur sejumlah daerah di tanah air memicu longsor dan banjir di beberapa tempat. Termasuk di Mandailing Natal, Sumatera Utara. Bahkan satu unit truk bermuatan pupuk tercebur ke sungai karena mencoba menerobos longsor. Visual amatir ini menggambarkan detik-detik saat truk fuso menerobos longsor di Desa Jambur Baru, Mandailing Natal, Sumatera Utara. Truk bermuatan 25 ton pupuk ini akhirnya terjatuh ke sungai setelah gagal melewati longsor yang menutup Jalan Lintas Provinsi Sumatera Utara di kilometer 45. Walau truk tercebur sungai sopir truk yang sempat terbawa arus akhirnya berhasil diselamatkan. Warga yang berada di sekitar lokasi kejadian berjibaku menyelamatkan sopir truk yang nekat menerjang longsor. Korban yang sempat pingsan karena terlalu lama berada di air akhirnya siuman setelah dibawa ke Puskesmas terdekat. Hingga kini bangkai truk yang berada di sungai masih dievakuasi petugas.


Let's block ads! (Why?)

Baca di Sini https://nasional.kompas.com/read/2018/11/26/21160191/amankan-natal-dan-tahun-baru-polri-gelar-operasi-lilin-22-desember-2018-2

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Amankan Natal dan Tahun Baru, Polri Gelar Operasi Lilin 22 ..."

Post a Comment

Powered by Blogger.