Search

Kompolnas Sarankan Keluarga Tersangka yang Tewas di ...

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, SUKMAJAYA - Komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Poengky Indarti menyarankan keluarga  melaporkan dugaan penganiayaan yang membuat Yulius Lucas Tahapary (35) tewas di Mapolresta Depok.

Poengky menyarankan keluarga melapor karena Yulius diduga tewas dalam keadaan mengalami luka lebam di hampir sekujur tubuh ke Divisi Insperktur Pengawasan Umum (Irwasum) dan Profesi dan Pengaman (Propam) Mabes Polri.

"Pihak keluarga diharapkan segera melaporkan kepada Irwasum dan Propam Polri selaku pengawas internal agar dapat segera ditindaklanjuti," kata Poengky saat dihubungi wartawan di Sukmajaya, Depok, Kamis (15/11/2018).

Selain hasil visum dan autopsi, Poengky juga menyebut penyidik Polresta Depok yang menangani kasus Yulius harus diperiksa guna memastikan penyebab kematian Yulius.

Jika terbukti adanya penganiayaan dalam proses pemeriksaan terhadap Yulius yang diringkus karena mencuri sepeda motor, maka penyidik tersebut dapat diproses secara pidana.

"Pemeriksaan hasil visum, perintah dilakukannya autopsi dan pemeriksaan kepada anggota-anggota yang melakukan proses lidik-sidik. Agar dapat diketahui apakah kematian almarhum akibat penyiksaan atau karena sebab-sebab lain," ujarnya.

Tak hanya melapor ke Irwasum dan Propam, Poengky juga menyarankan pihak keluarga besar Yulius melapor ke Kompolnas agar dapat mengawasi proses pemeriksaan internal.

Pasalnya hingga kini pihak Polresta Depok belum memberi penjelasan secara rinci bagaimana dan apa penyebab ayah dua anak itu meninggal.

"Jika terbukti almarhum meninggal akibat penyiksaan, maka orang yang diduga melakukan penyiksaan harus diproses pidana. Keluarga almarhum juga dapat melaporkan kepada Kompolnas. Agar Kompolnas bisa mengawasi proses pemeriksaan," tuturnya.

Let's block ads! (Why?)

Baca di Sini http://jakarta.tribunnews.com/2018/11/16/kompolnas-sarankan-keluarga-tersangka-yang-tewas-di-mapolresta-depok-lapor-propam-polri

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kompolnas Sarankan Keluarga Tersangka yang Tewas di ..."

Post a Comment

Powered by Blogger.