Search

Komisi III Harap KSAD Andika Tingkatkan Sinergi TNI-Polri

Jakarta, CNN Indonesia -- Anggota Komisi III Ahmad Sahroni berharap Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) yang baru, Jenderal Andika Perkasa dapat meningkatkan sinergitas TNI yang selama ini telah terjalin baik dengan penegak hukum, khususnya Polri.

"Sebagai anggota Komisi III saya berharap adanya sinergitas yang baik dengan instansi penegak hukum, khususnya Polri ataupun lembaga lain seperti KPK," ujar Sahroni melalui keterangan tertulis, Kamis (22/11).

Sahroni menuturkan lebih jauh, salah satu bentuk sinergitas TNI-Polri yang terpenting dalam waktu dekat adalah mengamankan Pemilu tahun 2019. Ia berharap TNI AD di bawah kepemimpinan Andika dapat bersama Polri mengamankan agenda pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Selain Pemilu 2019, politikus NasDem ini juga berharap ada pembinaan Sumber Daya Manusia yang lebih baik di TNI AD agar tidak terjadi lagi konflik dengan Polri. Sebab, ia melihat adanya bentrokan antara TNI AD dengan Polri di sejumlah daerah beberapa waktu lalu.

"Saya berharap di bawah kepemimpinan Jenderal Andika kondisi ini semakin membaik. Tak ada lagi TNI AD yang terlibat bentrokan dengan Polri ataupun melakukan kejahatan lainnya," ungkap Sahroni.

Sementara itu Anggota Komisi I Charles Honoris menilai pelantikan Andika sebagai KSAD tanpa menunggu masa pensiun Jenderal Mulyono adalah hal yang tepat dari sisi waktu dan momentum. Hal ini agar TNI AD di bawah kepemimpinan baru punya cukup waktu melakukan konsolidasi untuk melaksanakan tugas-tugas pengamanan pada pemilu serentak April 2019.

Dengan usia yang masih jauh dari masa pensiun, tambah Charles, Andika punya waktu yang relatif panjang untuk bisa mengimplementasikan kebijakan-kebijakan dalam rangka melanjutkan agenda reformasi TNI.

Menurut anggota Fraksi PDI Perjuangan itu, selama ini KSAD hanya dijabat 1 sampai 2 tahun sehingga kesempatan menghasilkan kerja yang berdampak jangka panjang cukup terbatas.

"Jadi, ketimbang berspekulasi macam-macam, lebih baik kita sama-sama tunggu dan awasi bersama kerja-kerja TNI AD di bawah kepemimpinan Jenderal Andika," katanya.

Andika Prakasa resmi dilantik Presiden Joko Widodo sebagai KSAD baru di Istana Negara, sesuai dengan Keppres Nomor 97/TNI Tahun 2018. Andika menggantikan Jenderal TNI Mulyono yang akan pensiun pada 2019 mendatang.

Sebelum menjabat KSAD, Andika menduduki posisi Pangkostrad sejak 23 Juli 2018. Dia sebelumnya juga dipercaya menjadi Komandan Pasukan Pengamanan Presiden, dua hari setelah Jokowi dilantik menjadi Presiden RI ke-7.

Lulusan Akademi Militer tahun 1987 itu juga telah malang melintang di Kopassus, satuan elite milik TNI AD. Selain itu, Andika juga pernah didapuk sebagai Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XII/Tanjungpura pada 2016 lalu. (panji)

Let's block ads! (Why?)

Baca di Sini https://www.cnnindonesia.com/nasional/20181122201142-32-348555/komisi-iii-harap-ksad-andika-tingkatkan-sinergi-tni-polri

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Komisi III Harap KSAD Andika Tingkatkan Sinergi TNI-Polri"

Post a Comment

Powered by Blogger.