Search

Mabes Polri Pastikan Foto Polisi Dukung Capres Tertentu Hoaks

Jakarta, CNN Indonesia -- Mabes Polri memastikan foto polisi yang viral karena mendukung salah satu pasangan calon presiden adalah berita bohong alias hoaks.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Dedi Prasetyo menyatakan foto itu diambil saat anggota polri melakukan pembekalan iman dan taqwa di Sekolah Polisi Negara (SPN) Mojokerto, Jawa Timur.

"Itu fotonya benar dalam acara meningkatkan iman dan ketaqwaan Polri yang sedang melaksanakan pendidikan SPN di Polda Jatim, tapi captionnya yang salah," kata Dedi di Mabes Polri, Jakarta, Senin (19/11).

"Kebetulan salah satu yang mengisi ceramah adalah mantan Kapolda Jatim Komjen Pol Purn Anton Bachrul Alam," lanjut dia.

Foto viral yang dimaksud menunjukkan sekitar puluhan polisi mengenakan kopiah dan duduk di lantai. Dalam keterangan foto itu tertulis bahwa para polisi ini tengah mendukung salah satu calon presiden.

Lebih lanjut, Dedi menjelaskan bahwa acara pendalaman iman dan taqwa itu tidak hanya diikuti oleh polisi yang muslim, melainkan polisi dari agama lain seperti Nasrani dan Hindu pun mendapat pembekalan yang sama. Kegiatan ini juga bukan kegiatan pertama yang dijalani oleh anggota kepolisian.

"Kegiatan ini dilaksanakan 3 hari agar anggota dibekali iman dan taqwa sebelum menjalani tugas kepolisian. Itu program sudah dibuat oleh Polda Jatim bukan baru sekali ini, sudah sekian kali," terang dia.

Karena itu, Dedi memastikan foto yang disebarkan viral itu adalah foto acara keagamaan. Dedi juga menegaskan sesuai arahan Kapolri Jendral Tito Karnavian bahwa polisi dalam menyikapi pemilihan capres adalah bersikap netral.

"Kita pastikan hoaks. Pak Kapolri juga dalam setiap kesempatan menyampaikan bahwa Polri netral dalam pemilu," ungkapnya.

Selanjutnya kepolisian sudah bekerjasama dengan Kominfo dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk melacak pemilik akun penyebar foto hoaks tersebut. Tim siber juga akan melakukan pembersihan literasi agar tidak menimbulkan kebingungan.

"Tim siber kita sudah melacak berita yang disebarkan akun itu dan polisi akan melakukan penindakan secara literasi digital. Yang menyebarkan hoaks itu langsung kita minta pemblokiran maupun takedown (konten diturunkan)," tutup dia.

Catatan pada bagian bawah foto yang tersebar luas itu menyebutkan bahwa para polisi berkopiah itu mendukung pasangan calon Prabowo-Sandi.

"Dapat dari grub suruh nyebarin biar merinding penjilat2 yg main curang. 'KAMI POLRI SIAP MENGAWAL SUARA PRABOWO-SANDI DI PILPRES 2019. DEMI MENJAGA KEAMANAN NEGARA NKRI BAGAIMANA PENDUKUNG PRABOWO-SANDI APA SIAP MENGAWAL SUARA 02 DEMI MENUJU PERUBAHAN," tulis akun itu. (ctr/eks)

Let's block ads! (Why?)

Baca di Sini https://www.cnnindonesia.com/nasional/20181119231504-20-347818/mabes-polri-pastikan-foto-polisi-dukung-capres-tertentu-hoaks

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mabes Polri Pastikan Foto Polisi Dukung Capres Tertentu Hoaks"

Post a Comment

Powered by Blogger.