Search

Polri Akan Sodorkan 3 Nama Calon Pengganti Buwas ke Jokowi

JAKARTA – Mabes Polri akan menyodorkan tiga nama calon pengganti Komjen Budi Waseso sebagai Kepala Badan Nakotika Nasional (BNN) ke Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi). Tiga nama itu akan diserahkan setelah proses Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti) Polri.

Budi Waseso atau akrab disapa Buwas, bakal mengakhiri masa jabatannya lantaran memasuki masa pensiun pada Maret 2018. Nantinya, keputusan soal rekomendasi Buwas akan ditentukan oleh Presiden Jokowi.

BERITA TERKAIT +

"Kami mengusulkan (nama calon pengganti Buwas). Biasanya dikirim tiga nama, tapi ada TPA (tim penentu akhir) di tingkat Kepresidenan," kata Kadiv Humas Polri, Irjen Setyo Wasisto di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (12/2/2018).

Ia menambahkan, pihaknya dipastikan akan menyiapkan nama pengganti Buwas. Namun, dia mengaku belum mendapatkan nama dari ASDM Polri terkait nama calon tersebut.

"Pasti ada penggantinya. Tapi, kan saya belum tauh siapa namanya. Saya belum dapat info dari ASDM," tutur Setyo.

Setyo juga belum bisa memastikan apakah pengganti Buwas sebagai Kepala BNN berasal dari pejabat tinggi (Pati) Polri berbintang tiga. Pasalnya, pati dengan bintang dua pun bisa mengisi jabatan ketua lembaga setingkat menteri itu.

Tetapi, Setyo menyampaikan, sosok yang akan disiapkan Polri merupakan perwira terbaik yang akan menjalankan tugasnya. Menurut Setyo, sosok itu harus sudah memenuhi kriteria, salah satunya pernah menangani bidang narkotika.

"Saya kira BNN sudah diatur dalam UU tentang narkotika, di dalam situ ada mengatur tentang organisasi BNN dan persyaratan kepala BNN itu seperti apa sudah diataur, saya tidak terlalu hafal," papar Setyo.

(Baca Juga: Polri Kantongi Beberapa Nama Calon Pengganti Budi Waseso)

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Mohammad Iqbal sebelumnya menyebut internalnya telah menyiapkan beberapa nama untuk menjadi calon Kepala BNN pengganti Komjen Buwas.

Namun, Iqbal menyatakan belum akan mengumumkan nama-nama dari calon Kepala BNN itu. Pasalnya, sampai saat ini, lanjut Iqbal, pihaknya masih terus melakukan pengkajian atas beberapa nama tersebut.

(Baca Juga: Tiga Jenderal yang Berpotensi Gantikan Posisi Buwas di BNN)

"Saya kira kami akan secepatnya. Tentunya polri akan kaji yang jelas ada memang beberap calon (Kepala BNN)," kata Iqbal di Mabes Polri, Jakarta Selatan.

(erh)

Let's block ads! (Why?)

Baca di Sini https://news.okezone.com/read/2018/02/12/337/1858487/polri-akan-sodorkan-3-nama-calon-pengganti-buwas-ke-jokowi

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Polri Akan Sodorkan 3 Nama Calon Pengganti Buwas ke Jokowi"

Post a Comment

Powered by Blogger.