Search

Polri-PDRM Komitmen Berantas Kejahatan Transnasional Wilayah ...

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Rizky Prabowo Rahino

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK – Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI) dan Polis Diraja Malaysia (PDRM) berkomitmen saling bahu-membahu memberantas segala bentuk aktivitas ilegal, terutama kejahatan transnasional di wilayah perairan perbatasan Indonesia-Malaysia.

Komitmen ini terus diperkuat melalui pelaksanaan pertemuan Maritim Border Patrol Coordinating Group 4th di Hotel Mercure Pontianak, Jalan Ahmad Yani 1 Pontianak, Senin (29/10/2018) siang.

 Baca: Polri dan PDRM Gelar Pertemuan Maritim Border Patrol Coordinating Group 4th

Baca: Latihan Gabungan Bersama Polri dan PDRM di Sungai Kapuas, Ini Foto-fotonya!

Pertemuan dihadiri langsung Kabarharkam POLRI Komjen Pol Drs Moechgiyarto, Pimpinan Keselamatan Dalam Negeri dan Ketentraman Awam Polis Diraja Malaysia (KDNKA PDRM) Datok Zainal Abidin bin Kasim, Kakorpolairud POLRI Irjen Pol Drs M Chairul Noor Alamsyah, Kapolda Kalimantan Barat Irjen Pol Didi Haryono, jajaran Pejabat Utama (PJU) Polda Kalbar dan PDRM.

Pimpinan Keselamatan Dalam Negeri dan Ketentraman Awam Polis Diraja Malaysia (KDNKA PDRM), Datok Zainal Abidin bin Kasim menegaskan kerjasama erat antara pemerintah Malaysia dan Indonesia melalui aparat kepolisian masing-masing negara sebagai upaya menyelesaikan masalah kejahatan transnasional di wilayah perairan perbatasan.

“Terutama kejahatan seperti perdagangan manusia, penyelundupan ilegal dan ilegal fishing yang dilakukan oleh nelayan-nelayan negara lain,” ungkapnya.

Zainal menimpali penangkapan ikan di perairan Malaysia memang menjadi atensi serius. Pasalnya, berdasarkan data terakhir jika dikonversi ke nilai mata uang Ringgit Malaysia, aktivitas ilegal itu mengakibatkan kerugian Malaysia sekitar RM 6 juta per tahun.

“Tentu, ilegal fishing tidak hanya merugikan Malaysia. Hal ini juga dialami Indonesia. Melalui kerjasama ini, kami juga berupaya menjaga kelestarian khazanah hutan, tumbuhan dan satwa liar yang selama ini jadi buruan pelaku kejahatan. Itu juga merugikan jutaan Ringgit bagi Malaysia,” terangnya.

Kerugian negara, kata dia, yang ditimbulkan oleh aktivitas ilegal sangat besar. Kenyataan itu menjadi latar belakang kerjasama.

Let's block ads! (Why?)

Baca di Sini http://pontianak.tribunnews.com/2018/10/29/polri-pdrm-komitmen-berantas-kejahatan-transnasional-wilayah-perairan-perbatasan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Polri-PDRM Komitmen Berantas Kejahatan Transnasional Wilayah ..."

Post a Comment

Powered by Blogger.