Search

Polri Klaim Pencopotan Kapolres Banggai Bukan Karena Bubarkan ...

JAKARTA - Mabes Polri mengklaim bahwa dicopotnya AKBP Heru Pramukarno sebagai Kapolres Banggai lantaran membubarkan aksi pengajian yang dilakukan ibu-ibu. Aksi itu wujud protes warga menolak atas eksekusi tanah di Tanjung Sari, Banggai, Sulawesi Tengah.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Mohammad Iqbal menyatakan bahwa pencopotan Heru Pramukarno karena dinilai tak cermat dalam melihat eksekusi yang dilakukan pihak Pengadilan Negeri.

BERITA TERKAIT +

"Kenapa Kapolres Banggai dicopot?bukan karena zikir itu yang berkembang saat ini. Setelah dilakukan pendalaman oleh Propam ditemukan ketidakcermatan Kapolres dalam melihat eksekusi itu," kata Iqbal saat dikonfirmasi, Jakarta, Rabu (28/3/2018).

Dari proses penyelidikan yang dilakukan Propam, ternyata masih ada puluhan lahan milik warga yang bersertifikat. Untuk itu, kata Iqbal, seharusnya Kapolres meminta kepada Pengadilan Negeri menunda proses eksekusi.

Iqbal melanjutkan, dalam proses eksekusi lahan, pihak kepolisian mempunyai hak penundaan. Hal ini dilakukan jika dinilai proses eksekusi dapat menimbulkan gesekan.

"Seharusnya Kapolres bisa meminta penundaan karena proses permohonan eksekusi pengadilan tidak bersifat final. Harus ada penilaian faktor keamanan dari kepolisian setempat. Kalau kepolisian setempat menilai bahwa ada perlawanan, sengketa masih kita berhak menunda sampai selesai. Polisi punya hak," papar dia.

Mantan Kapolrestabes Surabaya ini mengungkapkan, bahwa dalam eksekusi ini pihak kepolisian diperbantukan menjalankan eksekusi lahan yang dilakukan pihak Pengadilan Negeri.

"Yang mengeksekusi adalah PN. Karena itu adalah keputusan hukum. PN meminta bantuan pengamanan ke kepolisian. Dalam perjalanannya ada perlawanan dari beberapa kelompok masyarakat," tutur Iqbal.

Menurut Iqbal, dalam aturan prosedur pengamanan eksekusi lahan seharusnya pihak kepolisian setempat mengedepankan dialog. Jika ada penolakan dari kaum ibu atau wanita maka pihak Polwan yang diturunkan.

"Seharusnya dilakukan negoisasi yang bagus. Terus polwan dikedepankan," ucap dia.

(muf)

Let's block ads! (Why?)

Baca di Sini https://news.okezone.com/read/2018/03/28/337/1879212/polri-klaim-pencopotan-kapolres-banggai-bukan-karena-bubarkan-pengajian-ibu-ibu

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Polri Klaim Pencopotan Kapolres Banggai Bukan Karena Bubarkan ..."

Post a Comment

Powered by Blogger.