Search

Binmas Polri Bangun Ekonomi Warga Papua di Pegunungan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengirim Satgassus Operasi Papua untuk memberikan pelatihan-pelatihan kepada masyarakat Papua.

Terutama program pemberdayaan masyarakat melalui pembangunan ekonomi di beberapa kabupaten pegunungan Papua.

Wakasatgassus Binmas Papua, Kombes Tornagogo Sihombing menjelaskan pelaksanaan operasi kepolisian satuan tugas khusus Papua ini untuk mewujudkan Papua yang sejahtera, aman dan tertib sehingga dibentuk Satgas Binmas Noken.

Menurutnya, saat ini Binmas Noken sedang mengimplementasikan suatu program yaitu pemberdayaan masyarakat melalui program pembangunan ekonomi di beberapa kabupaten daerah pegunungan tengah Papua.

"Sebab, program pemberdayaan masyarakat diyakini sebagai cara efektif dalam upaya penyelesaian masalah kekerasan di Papua ketimbang menggunakan pendekatan represif," kata Sihombing kepada wartawan, Kamis (26/7/2018).

Wakil Direktur Tindak Pidana Tertentu (Wadir Tipiter) Bareskrim Polri ini mengatakan program pemberdayaan yang dimaksud adalah pemanfaatan potensi sumber daya alam, baik melalui pengelolaan lahan maupun potensi kelautan dan perikanan.

“Atau dapat dikatakan juga sebagai program pembangunan ekonomi masyarakat melalui program high land, low land dan coast land,” ujarnya.

Lebih lanjut, Sihombing berharap program ini dapat menyerap tenaga kerja yang begitu banyak di Papua terutama daerah pegunungan tengah Papua yang selama ini rentan terjadinya kekerasan oleh kelompok kriminal bersenjata.

Dirinya menjelaskan, pemberdayaan masyarakat merupakan cara efektif yang dilakukan Polri melalui Operasi Satgassus Papua bersama-sama dengan pemerintahan daerah setempat dalam upaya menyelesaikan persoalan sosial kemasyarakatan.

Yaitu dengan cara membantu masyarakat meningkatkan perekonomian mereka.

Let's block ads! (Why?)

Baca di Sini http://www.tribunnews.com/nasional/2018/07/26/binmas-polri-bangun-ekonomi-warga-papua-di-pegunungan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Binmas Polri Bangun Ekonomi Warga Papua di Pegunungan"

Post a Comment

Powered by Blogger.