Search

Polri: Pasca Ledakan di Pasuruan, Seluruh Wilayah Indonesia Aman

JAKARTA, KOMPAS.com - Polri menyatakan seluruh wilayah di Indonesia dalam kondisi aman dan kondusif pasca ledakan bahan peledak yang diduga bom di Pasuruan, Jawa Timur beberapa waktu lalu.

"Saat ini semua wilayah Indonesia aman, kondusif pasca kejadian meledaknya yang diduga seperti bom ikan di Pasuruan," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Kabiropenmas) Divhumas Polri Brigjen M Iqbal di Jakarta, Selasa (10/7/2018).

Iqbal menuturkan, Polri dalam hal ini Densus 88 Anti Teror telah melakukan upaya penanggulangan. Akan tetapi, kata dia, Polri dan Densus 88 tidak bisa bekerja sendiri.

Baca juga: Terduga Pelaku Bom Pasuruan Terkait Bom Surabaya dan Aksi di Depok

Dalam penanggulangan terorisme, perlu juga peran pemangku kepentingan lainnya. Iqbal menyebut, pihak yang juga memiliki andil besar adalah orang tua, lingkungan, hingga guru dan kepala sekolah.

Dengan peran serta semua pihak terkait ini, maka ruang gerak aksi dan pelaku terorisme semakin sempit.

Baca juga: Kapolri Sebut Pemilik Bom Pasuruan Pengecut karena Kabur, Tinggalkan Anak yang Terluka

"Dalam penanggulangan terorisme ini tidak maksimal Polri sendiri. Semua stakeholders dari yang paling ujung peranan orang tua, lingkungan, kepala sekolah, dan lain-lain sampai ke yang paling atas diperlukan, sehingga mempersempit ruang gerak," sebut Iqbal.

Iqbal menuturkan, kepolisian pun melakukan sejumlah upaya paksa dalam penanggulangan aksi terorisme. Tujuannya adalah agar tidak timbul aksi serupa di masa mendatang.

"Adanya beberapa upaya paksa kepolisian itu dimaksudkan pencegahan. Tetapi prinsip dari ini semua bagaimana polisi menjamin keamanan di seluruh pelosok Tanah Air," tutur Iqbal.

Kompas TV Empat ledakan bom kemarin telah mengejutkan warga Pasuruan, Jawa Timur.


Let's block ads! (Why?)

Baca di Sini https://nasional.kompas.com/read/2018/07/10/16282161/polri-pasca-ledakan-di-pasuruan-seluruh-wilayah-indonesia-aman

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Polri: Pasca Ledakan di Pasuruan, Seluruh Wilayah Indonesia Aman"

Post a Comment

Powered by Blogger.