Search

Penembak Kader Gerindra Masih Dirawat di RS Polri

Senjata yang digunakan dalam kasus penembakan kader Gerindra adalah senjata organik

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Polri Brigjen Mohammad Iqbal membenarkan, senjata yang digunakan dalam kasus penembakan kader Gerindra Fernando Wowor adalah senjata organik personel Polri. Namun, Iqbal meminta masyarakat agar tidak serta merta mengaitkan kejadian penembakan tersebut dengan prosedur penggunaan senjata Polri.

"Ini pisahkan antara pertanyaan saudara tentang bagaimana prosedur ya," ucap Iqbal di Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (21/1).

Iqbal menjelaskan, anggota kepolisian maupun aparat negara terutama Polri ketika sangat terdesak diizinkan melakukan prosedur tindakan tegas. "Katakanlah saya tidak sedang berdinas, tapi dirampok, membawa senjata saya boleh melakukan itu," kata Iqbal.

Namun, hal tersebut pun memiliki mekanisme tersendiri. Tindakan kepolisian, menurut mantan Kapolrestabes Surabaya ini harus dilakukan sesuai ancaman yang diterima oleh anggota. Sehingga, anggota tidak asal menggunakan senjatanya.

"Jangan sampai pakai tangan saja terus ancaman tidak mematikan saya nembak, itu prosedur ya, jangan dikaitkan dengan itu. Faktanya (insiden penembakan) belum kita dapat," ujarnya menambahkan.

Iqbal juga memastikan, Polri akan memproses proses hukum pidana bila ditemukan bukti melakukan perbuatan pidana serta mekanism kode etik profesi yang berlaku di kepolisian. "Kami akan proses itu berdasarkan fakta-fakta," ucapnya.

Insiden penembakan itu diduga terjadi saat Briptu AR terlibat dalam keributan dengan seorang kader Partai Gerindra Fernando Wowor dan sejumlah rekannya di sebuah cafe di Bogor sekira pukul 02.00 WIB, Sabtu (20/1). Penembakan terjadi saat keributan tersebut terjadi. Fernando pun tewas dalam kejadian tersebut.

Sementara, Briptu AR juga masih menjalani perawatan intensif dari tim medis Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Jakarta karena diduga Ia juga sempat dikeroyok dal kejadian tersebut. Ia mengalami luka di bagian muka serta satu jari tangan bagian kirinya.

Let's block ads! (Why?)

Baca di Sini http://nasional.republika.co.id/berita/nasional/jabodetabek-nasional/18/01/23/p304uz354-penembak-kader-gerindra-masih-dirawat-di-rs-polri

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Penembak Kader Gerindra Masih Dirawat di RS Polri"

Post a Comment

Powered by Blogger.